PWI Sumut Dukung Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Deli Serdang - Warna Sumut

Tuesday, October 4, 2022

PWI Sumut Dukung Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Deli Serdang


warnasumut.com - Medan. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara Farianda Putra Sinnik mengapresiasi dan mendukung penuh rencana seminar sehari wartawan ramah anak Kabupaten Deliserdang yang akan digelar 26 Oktober 2022 mendatang.
“Saya mendukung penuh. Ini luar biasa," ucap Farianda saat menerima audiensi Panitia Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang, Selasa (4/10) di kantor PWI Sumut Jalan Adinegoro, Medan.

Farianda menilai, rencana kegiatan yang merupakan kolaborasi PWI Deliserdang dengan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) merupakan kegiatan positif dan luar biasa yang belum pernah dilakukan PWI Kabupaten/Kota lainnya khususnya di Sumut. 

Ia menilai, edukasi peningkatan kapasitas wartawan yang ramah anak dalam pemberitaan sangat penting. Salah satu indikator penting dalam kelulusan wartawan yang mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) adalah kemampuan dalam pemberitaan ramah anak (PRA).

"Ini salah satu indikator penting. Banyak wartawan yang lulus UKW tapi tidak lulus PRA. Ini penting," tegasnya.
Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang memaparkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Ketua PWI Sumut pada perhelatan Konferensi Mei 2022 lalu agar menginisiasi dan mengedukasi pemberitaan ramah anak dalam kerja-kerja jurnalistik anggotanya.

Selain itu juga dalam menyahuti visi pembangunan Kabupaten Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebinekaan serta mendorong percepatan Kabupaten Layak Anak (KLA).
Lisbon juga menuturkan, seminar sehari akan menghadirkan narasumber dari Deputi Partisipasi Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Pusat Arist Merdeka Sirait dan satu narasumber lainnya diharapkan kesediaan Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinnik.

Sementara Ketua Komnas PA Deliserdang Junaidi Malik mengapresiasi atas dukungan keluarga besar PWI baik Sumut maupun Deliserdang yang berperan besar dalam upaya melindungi anak.

Junaidi menilai, muara akhir seminar sehari tersebut akan menjadi salah satu indikator kekuatan dalam gerakan perlindungan anak khususnya di Deliserdang serta bagian penting dari partisipasi masyarakat dalam melindungi anak dari segala bentuk kekerasan termasuk pemenuhan hak mereka.

“Terima kasih atas dukungan Ketua PWI Sumut dan seluruh jajaran. Ini merupakan bentuk partisipasi keluarga besar PWI dalam melindungi anak,” ucapnya.
Sebelumnya Ketua Panitia Seminar Sehari Amirul Khair memaparkan, kegiatan akan diikuti maksimal 70 wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Deliserdang bertujuan meningkatkan kapasitas wartawan serta mengedukasi lahirnya karya-karya jurnalistik berbasis ramah anak.

“Kami menargetkan maksimal perserta 70 wartawan yang bertugas di Kabupaten Deliserdang,” terangnya.

Amirul Khair berharap dukungan penuh dari Ketua PWI Sumut dengan memberikan masukan demi kemudahan dan kelancaran serta kesuksesan seminar sehari tersebut juga target juga tujuannya tercapai secara maksimal.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Sugiatmo yang selanjutnya direkomendasi selaku narasumber dalam seminar tersebut, Sekretaris PWI Sumut SR Monang Panggabean, Sekretaris PWI Deliserdng Edward Limbong, Sekretaris Panitia seminar Roni Hutahaean, Koordinator Seksi Acara Feri Afrizal dan Seksi Humas dan Publikasi Tengku Amiruddin.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda