-->

Iklan

Kejuaraan F1H2O 2024 Mendapat Dukungan Dari Kelompok Nelayan Kecamatan Balige Kabupaten Toba

, Februari 28, 2024 WIB
warnasumut.com - Balige. Sekelompok Nelayan di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba menggelar Deklarasi di pesisir tepi Danau Toba Desa Lumban Silintong Kabupaten Toba menjelang Kejuaraan dunia F1H2O Powerboat 2024 di Kab. Toba.

Manarson Siahaan selaku Ketua Kelompok Nelayan Lumban Silintong, mendukung upaya Pemerintah melakukan percepatan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional  (KSPN) Danau Toba, maka dengan itu pihaknya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat meliputi warga tetap, pengunjung dan pihak yang berkepentingan untuk bersama-sama menjaga kelestarian dan keseimbangan alam di Kawasan Danau Toba.

Pemerintah saat ini tengah melakukan pembangunan dan promosi terhadap potensi besar kawasan Danau Toba sehingga dapat meningkatkan kembali citra kawasan Danau Toba yang masing-masing daerahnya memiliki keunggulan dan memberikan manfaat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat disekitar Danau Toba.

Deklarasi yang dilakukan Kelompok Nelayan di Kecamatan Balige, Kabuparen Toba bertujuan untuk memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah dalam penyelenggaraan Event Internasional F1H2O 2024, meskipun profesi nelayan menjadi sangat terdampak saat pelaksanaan event di atas permukaan air Danau Toba, namun masyarakat nelayan tetap koperatif dalam menjalin kerja sama untuk mensukseskan pada event tersebut.

Sehari-harinya masyarakat nelayan mencari ikan di Danau Toba dengan menggunakan alat tangkap seperti sampan, jaring maupun pancing. Nelayan juga turut serta secara rutin membersihkan permukaan air Danau Toba dari tumbuhan Enceng Gondok maupun sampah plastik dan sampah kayu.

Secara terpisah, Perua Meruba Siahaan selaku Kepala Desa Lumban Silintong menyebutkan, Deklarasi yang dilakukan Kelompok Nelayan Lumban Silintong sangat mengedukasi masyarakat publik untuk melestarikan alam Danau Toba guna mendukung upaya Pemerintah menjadikan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Masyarakat nelayan juga berharap kepada Pemerintah Pusat, Pemprovsu dan Pemkab Toba kiranya masyarakat nelayan bisa mendapatkan penyuluhan dan pembinaan untuk peningkatan kesejahteraan dalam bentuk kemitraan.

Kelompok Nelayan Balige Kabupaten Toba mendeklarasikan dukungannya terhadap kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) yang kembali akan diselenggarakan di Balige Kabupaten Toba pada tanggal 1 s/d 3 Maret 2024.

Hal itu terlihat pada Senin (26/2/2024) pukul 17.00 WIB, sekitar 30 orang kelompok Nelayan yang beraktifitas di Kawasan Danau Toba Balige  berkumpul di tepi Danau Toba tepatnya di Desa Lumban Silintong Kecamatan Balige Kabupaten Toba.

Manarson Siahaan salah satu dari Nelayan Desa Silintong Balige mengatakan, bahwa Nelayan  mendukung penuh penyelenggaraan F1H2O di Kabupaten Toba yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 s/d 3 Maret 2024.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Toba agar mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan F1H2O di Balige Kab Toba,” kata Manarson Siahaan.

Manarson menyampaikan bahwa penyelenggaraan F1H2O akan membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakat, UMKM dan pariwisata Balige Kab Toba.

“Kami juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Kab Toba khususnya Balige, agar berperan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama pelaksanaan event F1H2O 2024,” tutup Manarson Siahaan. (Adi Palapa)
Komentar

Tampilkan

Terkini