-->

Iklan

Forkopimda dan BNN Kota Binjai Melakukan Kegiatan Ramp Check

, Desember 21, 2023 WIB

warnasumut.com - Binjai. Guna menciptakan rasa aman dan lancar jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, khususnya bagi warga yang akan melaksanakan mudik dengan menggunakan transportasi darat berupa Bus/angkutan umum, Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Perhubungan, serta Instansi terkait seperti Polres Binjai, Kodim 0203/LKT, serta Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Binjai, melaksanakan kegiatan "Ramp Check" di Terminal Bus Binjai yang beralamat di Jalan Ikan Paus, Kecamatan Binjai Timur, Kamis (21/12). 

Adapun kegiatan Ramp Check yang dilakukan oleh tim terpadu tersebut diantaranya melakukan pemeriksaan surat surat dan fisik kendaraan bermotor, sekaligus melakukan tes urine kepada para pengemudi angkutan. 

"Kegiatan yang dilaksanakan ini terkait pengamanan Nataru. Sesuai rapat kordinasi Forkopimda dan BNN Kota Binjai, bahwa hari ini kita melakukan kegiatan Ramp Check, yaitu pemeriksaan kendaraandan keselamatan berlalu lintas. Setelah itu masing masing kami dari Dishub Binjai, akan menguji kendaraan bermotor," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Binjai, Chairin F. Simanjuntak S.Sos MM, disela sela kegiatan yang sedang berlangsung. 

Chairin juga mengatakan, beberapa kegiatan sebelumnya juga sudah dilaksanakan dalam rangka PAM Nataru, salah satunya yaitu melaksanakan Apel Gabungan Kekuatan.

"Dalam Ramp Check ini, Dishub Binjai juga menyiapkan penguji kendaraan guna memastikan kesiapan layak jalan atau tidak kendaraan bermotor tersebut, mulai dari administrasi berupa surat suratnya, selanjutnya fisik kendaraan seperti lampu, rem, ban, dan juga safety belt," bebernya. 

Tidak hanya Administrasi dan Uji kelayakan bagi Kendaraan Bermotor saja, dalam Ramp Check ini diakui Chairin, pihaknya juga bersinergi dengan BNNK Binjai, guna melakukan tes urine kepada para pengemudi Bus/Angkutan Umum. 

"Kita berharap perjalanan warga yang akan mudik Nataru ini dapat berjalan aman dan lancar. Untuk itu dilakukan tes urine kepada para pengemudi," demikian ungkap Chairin Simanjuntak, seraya mengatakan, pihaknya juga sebelumnya sudah membuat himbauan dalam bentuk Banner dan Spanduk kepada para pengemudi agar tetap memakai Safety Belt. 

Sementara itu Kabag Ops Polres Binjai Kompol Polin Benhod Damanik SH, menegaskan, dalam melakukan pengamanan Nataru 2024, Polres Binjai sudah menyiapkan 6 Pos Pengamanan yang tersebar dibeberapa lokasi, serta 1 Pos Pelayanan. 
"Bagi para pengemudi yang lelah atau mengantuk, kami persilahkan untuk untuk singgah di pos pos yang telah disiapkan," tuturnya. 

Sedangkan untuk arus balik Tahun Baru 2024 mendatang, Perwira Menengah Polri yang juga dipercaya sebagai Kepala Bagian Operasi PAM Nataru 2024 di Wilkum Polres Binjai ini menegaskan, ada beberapa Pos Pengamanan yang disiapkan guna mengurai kemacetan. 

"Untuk arus balik tahun baru, ada beberapa pos yang menjadi skala prioritas, yaitu di Tugu perjuangan, simpang Megawati, Tanah Seribu dan Tanah Merah. Ini menurut kami merupakan titik rawan kemacetan," tegas Kabag Ops Polres Binjai. 

Dalam PAM Nataru 2024 ini, Polres Binjai juga menyiapkan 430 personilnya yang akan disebar diberbagai titik, termasuk di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan. 

Ditempat yang sama, Kepala BNNK Binjai Ucok Derry Sembiring SH, menegaskan bahwa pihaknya melakukan tes urine terhadap para pengemudi Bus/angkutan Umum. "Saat ini kami membantu forkopimda Binjai dalam melakukan tes urine kepada para pengemudi," urainya. 

Disoal apakah ada pengemudi yang positif memakai narkotika saat dilakukan tes urine, pria yang akrab dengan awak media ini pun membenarkannya. 

"Tadi ada pengemudi yang positif menkomsumsi narkotika setelah dilakukan di tes urine dan kami bawa ke kantor untuk dilakukan assesment. Selanjutnya kami akan panggil keluarganya dan akan dilakukan rawat jalan," pungkas Ucok Derry. 

Disinggung apakah pihaknya tidak menggelar razia dilokasi yang dianggap rawan peredaran narkoba jelang Natal dan Tahun Baru 2024 ini, pria yang menjabat sebagai Kepala BNNK Binjai ini pun menegaskan akan melaksanakannya diawal Januari mendatang. 

"Saat ini kita membantu Forkopimda Binjai dalam pengamanan Nataru. Kalau untuk razia dilokasi yang diduga rawan peredaran narkoba, akan kita maksimalkan lagi di Januari mendatang," demikian tutup Ucok Derry Ginting. 

Sebelumnya, Polres Binjai bersama Instansi terkait lainnya sudah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan Sandi Lilin Toba 2023. 

Rapat yang digelar di Aula Catur Sakti Mapolres Binjai, Rabu (20/12) kemarin, dihadiri oleh Forkopimda Binjai OPD di jajaran Pemko Binjai, Kabag Ops dan PJU Polres Binjai. Bahkan Satpol PP Langkat dan Kabid Lalin Langkat juga ikut serta dalam kegiatan tersebut. (*)
Komentar

Tampilkan

Terkini