-->

Iklan

Wali Kota Medan Ingin BWS Sumatera II Segera Melakukan Revitalisasi Danau Siombak

, November 19, 2021 WIB




warnasumut.com - Medan.
Wali Kota Medan, Bobby Nasution melakukan pertemuan dengan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Maman Noprayamin guna membahas rencana revitalisasi kawasan Danau Siombak yang berada di Kecamatan Medan Marelan.

Pertemuan diadakan di Kantor BWS Sumatera II, jalan AH. Nasution, Kecamatan Medan Johor, Kamis (18/11/2021).

Dalam pertemuan tersebut Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan bahwa keberadaan Danau Siombak memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan, salah satunya sebagai tempat penampungan air. Potensi ini sangat baik untuk mengatasi permasalahan banjir di kota Medan.

Oleh sebab itu, Bobby Nasution berharap agar revitalisasi Danau Siombak ini masuk kedalam program kerja BWS Sumatera II sehingga dapat membantu masyarakat kota Medan terhindar dari masalah banjir.

"Kami ingin di tahun depan ada perbaikan di Danau Siombak, dan kami dari Pemko Medan siap mendukung pengerjaan yang akan dilakukan BWS Sumatera II", kata Bobby Nasution, Jumat (19/11/2021).



Dalam pertemuan ini, tim teknis dari BWS Sumatera II juga memaparkan rencana teknis dari revitalisasi Danau Siombak. Dimana BWS Sumatera II telah memetakan isu permasalahan yang ada di sekitar Danau Siombak diantaranya yakni masalah banjir rob dan kenaikan muka air laut, permasalan sampah, kualitas air, dan sendimentasi.

Untuk mengatasi ke empat permasalahan tersebut, BWS Sumatera II mengusulkan agar di bangun pintu air ataupun tanggul untuk mengatasi permasalan banjir. Kemudian terkait permasalahan kualitas air diatasi dengan Water Treatment Plant (WTP) dan edukasi terhadap masyarakat untuk menjaga kualitas air.

Selanjutnya untuk mengatasi permasalahan sampah BWS Sumatera II mengusulkan dibangun Trash Rack dan edukasi terhadap masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah sembarangan, dan yang terakhir untuk mengatasi permasalahan sendimentasi diusulkan dengan cara sendiment trap.

Komentar

Tampilkan

Terkini