-->

Iklan

DPP RENTAN Dan KNPD Melakukan Penanaman 2020 Pohon Dalam Pencegahan Penanggulangan Banjir Di Kota Medan

, Maret 28, 2021 WIB
warnasumut.com - Medan. Menjaga dan melestarikan lingkungan yang sehat terutama air sebagai sumber kehidupan, RENTAN bersinergi  bersama KNPD Medan sayapnya partai demokrat melakukan penanaman pohon di sepanjang pinggiran sungai Medan Deli kelurahan kota bangun, Sabtu (27/03/2021).


Kegiatan pelestrian alam tersebut merupakan rangkaian antisipasi erupsi tanah pinggir sungai, bersama warga sekitar dan para ibu PKK kelurahan tersebut. menanam berbagai jenis pohon di tepi sungai deli.



Ketua Harian suci ramadhani mengungkapkan, pohon memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Mulai dari ujung akar sampai ke ujung dahan, oleh karena itu, melestarikan pohon sangatlah penting.


"Menanam pohon bukan berarti kita harus menanam pohon dari ukuran besar tetapi bisa dimulai dari tunas terlebih dahulu, karena dari gerakan kecil kita akan memperoleh manfaat yang besar.



Menurut pak putra pengurus DPD KNPD medan, kegiatan penanaman pohon sebagai gerakan penghijauan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta keselarasan oksigen. Gerakan penghijauan ini juga sebagai paru-paru kota dimana pertumbuhannya menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan makhluk hidup. 


Ketua DPC RENTAN KOTA MEDAN Pak Bambang sucipto juga mengatakan, agar semua Lembaga dan masyarakat tetap  budayakan giat gotong royong dan Penghijauan serta lingkungan bersih.



"Kami menanam 2020 pohon berbagai jenis, seperti pohon mahoni, pohon mangga, pohon alpokat, pohon nangka dan banyak lagi. Kegiatan ini juga didukung oleh Kepling setempat dan masyarakat Medan deli jelasnya.


Saran iis iskandar SE dari sekjend DPP RENTAN Kedepannya, dalam satu tahun akan menanam pohon sebanyak seratus ribu pohon yang ditanam secara bertahap di seluruh wilayah medan.



"Nantinya selain dapat memberikan keindahan untuk keasrian kota, juga akan berdampak positif terhadap kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat,” ujarnya.


Ditambahkan nya, penanaman pohon ini nantinya akan terus ditindaklanjuti dengan pemeliharaan sehingga dapat menghasilkan manfaat untuk masyarakat.



"Menanam pohon tidak hanya sekedar menanam, lalu kita tinggalkan begitu saja untuk tumbuh sendiri, Pohon perlu dibesarkan, dirawat, dijaga dan dicintai. Nah maka dari itu, nanti setiap satu minggu sekali kita akan kontrol, Kita akan bekerjasama dengan Pemerintah Desa, dan masyarakat Medan Deli untuk sama-sama merawat pohon yang ditanam ini," jelasnya.


Selama ini lanjut sekjend DPP RENTAN banyak simbolis-simbolis usai menanam pohon langsung ditinggal, setelah itu pohonnya mati karena tidak di rawat.



"Karena pohon yang baru di tanam itu butuh pemeliharaan, maka kita akan cek terus pohon-pohon yang kita tanam ini, ya minimal nya dari 100 pohon yang ditanam, 50 pohon tumbuh besar," kata sekjend DPP RENTAN.


Menurutnya pohon adalah bagian dari kehidupan dan keberlangsungan peradaban manusia.
"Kita butuh pohon, tapi kita hanya tahu memanfaatkannya, tanpa banyak yang tahu merawatnya, menjaga nya," ungkapnya. 



Kegiatan ini merupakan implementasi dalam melestarikan lingkungan dalam mewujudkan Sungai deli.


"Budaya bersih adalah karakter bangsa yang harus terus dibuktikan setiap hari,"Ujarnya.


Dalam Pantauan Wartawan warnasumut.com Ini, Sekjend DPP RENTAN didaulat untuk menyampaikan sambutan sebagai perwakilan dari lembaga relawan kebencanaan menyampaikan karakter positif, Dalam Sambutan Dirinya Mengatakan, Dimulai sejak usia dini dan dari lingkungan keluarga dengannya tidak membuang sampah sembarangan dan terus budayakan menanam pohon,"Tegasnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini