-->

Iklan

Anggaran Miliaran Setiap Tahun Untuk Pengadaan Ternak Sapi, Diduga Banyak Kecurangan

, Januari 13, 2021 WIB

warnasumut.com - Medan. Anggaran Milyaran untuk Belanja Hibah Barang yang akan diberikan kepada Masyarakat berupa bibit Ternak sapi PO betina, setiap tahun yang bersumber dari DPA APBD Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu, Disorot banyak terjadi kecurangan. 

Salah satu penyebab nya adalah kondisi ribuan bibit sapi PO terlihat kurus hingga tulang tulang terlihat dan ukuran serta warna bulu tidak beraturan, bahkan ada ditemukan bibit sapi yang cacat. 

Sorotan soal kondisi bibit sapi  anggaran Milyaran untuk pembelian bibit sapi PO betina yang telah diberikan kepada para kelompok Ternak, salah satunya berasal dari LSM GMP Sumut, kepada Wartawan. 

"Fakta dilapangan menunjukkan kondisi sapi saat diterima para kelompok ternak terlihat banyak yang kurus-kurus serta ukuran dan warna yang tidak beraturan, bahkan ada ditemukan saat itu sapi yang kakinya  pincang (cacat),kuat dugaan tidak sesuai spesifikasi "Kata Kordinator Investigasi LSM Garuda Merah Putih (GMP)Sumut . 

Dia kemudian menjelaskan sesuai dengan Dokumen/Kontrak pengadaan n Bibit Sapi PO betina tahun 2019,sumber dana DPA APBD DKPP Pemprovsu dengan Pagu anggaran, Rp 35.632.000.000.00,HPS Rp. 35.043.918.992.00 Harga Penawaran, Rp 34 044.259.040.00 sebagai perusahaan pemenang PT. AlFATHI BERKAH SAKTI. 

Jumlah sapi sebayak 2096 ekor dengan pesifikasi dalam Dokumen Ternak Sapi Betina, jenis Sapi Peranakan Ongole ( PO), Umur 18-24 bulan, Tinggi pundak min. 116 cm dan Warna Bulu putih/putih keabu-abuan, tidak sakit dan cacat. 

Pantauan Media  pada saat itu(13/01/2021) dilokasi kelompok ternak kecamatan Hamparan  perak kabupaten Deli Serdang" Terlihat kondisi Sapi PO kurus-kurus dan ukuran serta warna tidak beraturan"

Menurut keterangan Ketua kelompok tersebut inisial ( LM) " Kira kira diakhir bulan November 2020 kelompok kami mendapat 8 ekor sapi dari bantuan Dinas Peternakan provinsi kondisi sapi diterima sudah seperti ini diterima kurus, ujar LM 

Hal yang serupa juga terjadi di kabupaten Batu Bara yang mendapat bantuan dari Dinas Peternakan provinsi ada sebanyak  5 kelompok yang terbagi 8 ekor / kelompok.

Menurut keterangan kepala Seksi bagian Peternakan DKPP Provsu, ibu Teti (14/01/2021)"kami tidak ada memberi sapi - sapi yang kurus kepada kelompok ternak tapi itu ulah para peternak yang nakal saja tidak memberi pakan yang cukup sehingga sapi jadi kurus seperti contoh gambar yang bapak tunjuk itu, ujar Teti ke Wartawan

Sudirman SE.SH.MM Ahli Audit Atas kerugian Keuangan Negara, saat diminta keterangannya,terkait hal ini" Jika Spesifikasi sudah tidak sesuai jelas sudah ada disitu kerugian Keuangan Negara'
Ucapnya lagi, jika ada dugaan kerugian Keuangan negara laporkan ke instansi bagian Audit,Ekspektorat, BPKP, agak dilakukan Audit lebih lanjut

Tegas Sudirman lagi, jika mempunyai data dan bukti yang cukup yang otentik, Laporkan ke KPK

Ketua LSM Garuda Merah Putih Sumut, angkat bicara " Kami akan melaporkan dugaan kasus korupsi ini ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) data yang ada pada kami sejak thn 2017 -2012 kenaikan anggaran begitu Signifikan untuk pengadaan Sapi PO Betina yang  di selenggar DKPP Pemprov su. banyak terjadi kecurangan baik dari spesifikasi, dan juga Dimonopoli oleh Oknum yang punya kepentingan, Ucap Ketua LSM GMP.

Media akan terus mengungkapkan dalam pemberitaan secara aktual dan faktual atas Dugaan Kasus Tindak pidana Korupsi di DKPP Pemprovsu ke masyarakat luas. (Rizky Zulianda)
Komentar

Tampilkan

Terkini