-->

Iklan

Drum Bocor, Dapur Penyulingan Minyak Ilegal Terbakar

, November 10, 2020 WIB

warnasumut.com - Langkat. Diduga Alami kebocoran, dapur penyulingan minyak mentah (kondensat) ilegal milik Zulkarnain alias Gerandong (32) di Dusun V Air Panas, Desa Kwala Pesilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat terbakar, Senin (09/11/2020)

Peristiwa yang sempat menghebohkan masyarakat sekitar tersebut, terjadi sekitat pukul 06.30 Wob, diduga berawal dari kebocoran pada alat penyulingan berupa drum saat proses pengolahan kondensat dengan menggunakan peralatan tradisional.


Akibatnya, api pembakaran langsung menyambar minyak yang tumpah dari drum tersebut dan dengan cepat mernjilat ke seluruh lokasi penyulingan minyak yang letaknya tak jauh dari pemukiman warga sekitar.

Mengetahui kebakaran itu, warga dengan sigap berusaha memadamkan api yang sudah merembet ke seluruh dapur milik warga Desa Serapuh ABC, Kecamatan Padang Tualang itu dengan peralatan seadanya dan api berhasil dipadamkan warga sekira jam 08.30 WIB

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Padang Tualang AKP Tarmizi Lubis mengatakan bahwa dapur penyulingan minyak itu tak berizin alias ilegal. "Penyebabnya karena drum penyulingan bocor dan tak ada korban jiwa," beber Tarmizi via pesan WhatsAppnya, Senin (9/11) sore.

Saat disinggung tentang izin operasinal dan penertiban dapur penyulingan minyak metah lainnya yang berada di Kecamatan Padang Tualang, AKP Tarmizi Lubis enggan berkomentar. "Pemiliknya (Zulkarnain) akan kita panggil," pungkasnya singkat.

Meskipun tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, setidaknya Zulkarnain mengalami kerugian materil yang ditaksir mencapai Rp30 juta dan seluruh peralatan penyulingan miliknya hangus terbakar serta mengalami kerusakan berat. (Rizky Zulianda)
Komentar

Tampilkan

Terkini