-->

Iklan

Presiden Jokowi Tinjau Pengembangan Food Estate Hortikultura dan Bagikan Sertifikat Tanah di Humbahas

, Oktober 27, 2020 WIB


warnasumut.com - Humbang Hasundutan. Orang nomor 1 di Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo tiba di Bandar Internasional Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Selasa (27/10/2020). Presiden bertolak ke Desa Riaria, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Di lokasi tersebut, Presiden Joko Widodo akan meninjau perkembangan pembangunan kawasan lumbung pangan (food estate) baru yang nantinya akan dikembangkan pertanian modern berbasis hortikultura.

Sebelumnya, dua kali Presiden Jokowi telah berkunjung ke kawasan pembangunan lumbung pangan Nasional di Kalimantan Tengah. Kalau di Kalteng untuk padi dan singkong, maka di Sumut ini yang dikembangkan pada tahap awal adalah hortikultura.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan Humbang Hasundutan dibangun sebuah kawasan hortikultura seperti bawang merah, bawang putih, dan kentang di atas lahan seluas 215 hektare. Kita akan lihat hasilnya dua sampai 2,5 bulan mendatang.

"Lumbung pangan ini nantinya mencakup lahan seluas 30.000 hektare yang tersebar di sejumlah kabupaten di Sumatra Utara, yakni Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Pakpak Bharat", ungkapnya.

Presiden Jokowi juga memberikan sertifikat tanah kepada masyarakat di Stadion Simangaronsang, Kecamatan Doloksanggul. Penerima sertifikat yang hadir sangat terbatas. Lantaran untuk menghindari kerumunan di tengah pandemik COVID-19.

 "Saya menyerahkan 22.007 sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Termasuk di dalamnya 47 sertifikat untuk rumah ibadah, 1.236 sertifikat untuk aset dan barang milik negara, serta 87 sertifikat untuk bidang lahan di kawasan lumbung pangan di Humbang Hasundutan". tutur Presiden Jokowi.

Penyerahan sertifikat kali ini hanya dihadiri langsung oleh penerima dalam jumlah yang sangat terbatas. Sebagian besar penerima mengikutinya melalui konferensi video dari sejumlah titik di tempat terpisah.

Penerima lainnya akan hadir secara virtual. Selesai pembagian sertifikat, Presiden Jokowi dan rombongan akan kembali ke Jakarta. Rombongan yang ikut antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Komentar

Tampilkan

Terkini