-->

Iklan

Perayaan Ritual Tusuk Lidah, Adhi Maha Puja Di Klambir Lima

, Agustus 04, 2020 WIB

Warna Sumut - Klambir Lima. Sejumlah umat hindu suka tamil merayakan perayaan adhi maha puja atau "alu kute" yang di laksanakan dengan ritual-ritual tusuk lidah yang dilakukan orang orang yang melakukan nazar. 

Perayaan tersebut di selanggarakan di sri mariamman kuil di jalan palapa, desa klambir lima, kabupaten deli serdang, sumatera utara. 

Perayaan adhi maha puja sendiri dilaksanakan untuk memuja dewi shri mariamman yang jatuh pada tanggal 17 juli hingga 16 agustus dan ini menjadi tahun kesembilan di adakan di kuil tersebut. 

Ketua shri karumariamman, mitha riswan menyebutkan bahwa dalam perayaan tahun ini sudah mendapat izin dari pihak pemerintah setempat. 

Terkait pandemi corona ini,  kita berupaya menyederhanakan perayaan kita tanpa mengurangin nilai agama, adat, dan budaya kita, kita juga sudah menyampaikan surat secara lisan permohonan pelaksanaan kita kepada pemda setempat bupati, polri, dan lain-lain." Ujar Riswan. 

Disini juga ada namanya tusuk lidah atau alu kute, ini orang yang bernazar, ketika dia melakukan cucuk lidah maka kedepannya dia akan berpikir dan berbuat yang baik, mereka melakukan nazar selama 41 hari untuk niatnya supaya kehidupannya lebih baik lagi, jadi dia mengorbankan tubuhnya untuk nazarnya," jelas Riswan. 
(Rizky Zulianda) 
Komentar

Tampilkan

Terkini